Thursday, 10 January 2008

TKW Asal Banyuwangi Luncurkan Buku Motivasi

Surabaya, Rabu--Eni Kusuma, seorang TKW asal Banyuwangi, Jatim yang bekerja di Hongkong, menulis buku motivasi berjudul "Anda Luar Biasa" yang akan diluncurkan pada even Festival Sastra Buruh (FSB) 2007.

"Karya Eni ini memang luar biasa, karena merupakan buku motivasi pertama yang ditulis oleh seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia di Hongkong," ujar salah seorang penanggung jawab FSB 2007, Bonari Nabonenar di Surabaya, Rabu.

FSB yang baru pertama kali itu akan dilaksanakan di Kota Blitar, Jatim, 30 April-1 Mei mendatang. Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam even itu, antara lain pementasan sastra para TKW dan peluncuran buku.

Menurut Bonari, buku Eni yang diterbitkan oleh Fivestar Publishing, Tangerang itu, akan mampu menginspirasi generasi muda, para orangtua, para pejabat, dan siapa pun yang menginginkan Indonesia menjadi lebih baik dari keadaannya sekarang.

"Eni dengan cerdas memaparkan jalur-jalur menuju sukses, mulai dari mengenali potensi diri, memilih dan masuk ke dalam komunitas, mendapatkan ’guru’ dan terus berpikir dan melakukan tindakan-tindakan positif," paparnya.

Eni juga fasih bertutur tentang keutamaan puasa, yang antara lain dengan mengutip Agus Mustofa (mubaliqh yang juga sarjana nuklir). Ia juga fasih berbicara mengenai aset aktif dan aset pasif, karena tampaknya ia juga gemar membaca buku-buku Robert T. Kyosaki.

"Melalui penuturan yang sangat jernih dan cerdas, dalam rangka memotivasi pembacanya. Ia berkisah bagaimana harus merangkak dari bawah sebagai seorang anak yang terlahir di lingkungan keluarga miskin, dan pernah mendapatkan hukuman di sekolah, karena tidak mampu membeli sepatu jenis yang diwajibkan," ungkapnya.

Eni kemudian mengikis habis pikiran-pikiran negatifnya, untuk, antara lain, mengubah dirinya dari anak yang gagap menjadi gemar bercerita.

"Seharusnya buku setebal 154 halaman ini, juga dibaca oleh pejabat. Kita bangsa Indonesia harus bangga memiliki seorang warga biasa yang memiliki kualitas luar biasa. Apalagi, bulan April ini bersamaan dengan peringatan Hari Kartini," ucapnya. []

Sumber: Antara
Penulis: jodhi

Kompas Rabu, 11 April 2007 - 20:02 wibhttp://www.kompas.co.id/
piye?:

0 urun rembug: