Wednesday, 9 January 2008

FLP Hongkong Gelar Workshops dan Diskusi Sastra

Surabaya (ANTARA News) - Forum Lingkar Pena (FLP) Hongkong akan menggelar diskusi dan workshop atau pelatihan menulis sastra dengan menghadirkan dua pembicara dari Indonesia, yakni M Irfan Hidayatullah dan Bonari Nabonenar.

Wina Karnie, salah seorang aktivis FLP Hongkong dalam emailnya yang diterima ANTARA News di Surabaya, Minggu, menyebutkan bahwa kegiatan dalam rangka menyambut ulang tahun (milad) ke-10 FLP itu akan dilaksanakan Islamic Union, Wan Chai, Hongkong, 17 Juni mendatang.

"Kegiatan ini menampilkan pembicara dari kalangan akademisi, Irfan Hidayatullah, dosen sastra Universitas Padjadjaran Bandung dan praktisi, yakni penulis sastra, Bonari Nabonenar yang juga Ketua Paguyuban Pengarang Sastra Jawa Surabaya (PPSJS)," katanya.

Menurut dia, kegiatan bertema "Menguak Keajaiban Sastra Buruh Migran Hongkong" itu bertujuan untuk mempererat silaturahmi sesama penulis migran serta mengampanyekan visi dan misi FLP.

Namun, katanya, yang lebih penting adalah menyosialisasikan minat baca dan menulis di kalangan buruh migran, mengurangi stres dengan menulis, mengasah kecerdasan berpikir buruh migran, serta menggali dan mengampanyekan sastra."Kegiatan ini dilengkapi dengan bazar buku, termasuk pengenalan karya-karya BMI (buruh migranh Indonesia)," katanya.

Ia menjelaskan, sejak berdiri 1997, FLP yang dimotori oleh Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia dan Mutmainah telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, mempunyai lebih dari 5.000 anggota yang tersebar di berbagai negara.

"Anggota FLP tersebar di Mesir, Jepang, Belanda, Malaysia, dan termasuk di Hongkong dan beberapa negara lainnya," kata Wina. (*)
Copyright © 2008 ANTARA
20/05/07 17:58
http://www.antara.co.id/arc/2007/5/20/flp-hongkong-gelar-workshops-dan-diskusi-sastra/
piye?:

0 urun rembug: