Thursday, 10 January 2008

“Duka Aceh, Duka Kita” dari Komunitas Sastrawan Jatim

Surabaya, Jumat
Dalam acara renungan dan doa serta penggalangan dana bertajuk Duka Aceh, Duka Kita, yang digelar oleh komunitas sastrawan Jawa Timur (Jatim) di Gedung Cak Durasim, Surabaya, Jumat (8/1) malam hingga Sabtu (9/1) dinihari, terkumpul Rp928.600.

Acara yang diisi dengan pembacaan puisi dan pementasan musik serta tari itu juga dimeriahkan oleh penampilan kerja sama antara pemusik Sawung Jabo dengan Agus Bing, Dodi Satya, dan Endang.

Acara penggalangan dana tersebut dihadiri oleh Kepala Taman Budaya Jatim Pribadi Agus Santoso, pelukis Cak Kandar; sastrawan-sastrawan Surabaya, seperti Bonari Nabonenar, Aming Aminuddin, Widodo Basuki, dan RM Yunani; serta sastrawan dari Pamekasan, Madura, M Tauhed.

Puluhan penyair malam itu membacakan puisi masing-masing dalam gubahan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Setiap sesi diselingi dengan penampilan musik dan tari, antara lain dari Raff Dance Company.

Untuk musik menampilkan kelompok Isem-Isem dari SMKI Surabaya dengan membawakan lagu Berita Kepada Kawan, karya Ebiet G Ade, kelompok SAXXI dari SMAN 21 Surabaya yang membawakan puisi Doa, karya Chairil Anwar.

Penyair terkemuka Zawawi Imron, yang direncanakan ikut meramaikan acara tersebut tidak hadir karena sedang mengikuti acara sejenis di Solo, Jawa Tengah (Jateng). Demikian juga dengan sastrawan asal Jakarta.

Aming Aminuddin sebagai ketua panitia penyelenggara mengemukakan, dana yang terkumpul akan segera disalurkan ke Nanggroe Aceh Darussalam melalui sebuah media massa yang selama ini telah menggalang dana dari masyarakat. (Ant/Ati


Kompas Jatim: Sabtu, 08 Januari 2005, 19:13 WIB
piye?:

0 urun rembug: