Wednesday, 9 January 2008

Panitia KSJ Luncurkan Blog

SEMARANG - Tiga hari menjelang Kongres II Sastra Jawa (KSJ), kemarin, panitia meluncurkan blog. Situs www.sastrajawi.blogspot.com itu bisa diakses siapa pun.

Sekretaris Panitia KSJ II Bonari Nabonenar menuturkan peminat bisa mengakses informasi tentang dasar penyelenggaraan, konsep, serta sejarah penyelenggaraan kongres para sastrawan (Jawa). Situs yang dibuat beberapa bulan lalu itu memuat informasi dari pemberitaan media massa, termasuk Suara Merdeka.

''Ada juga tulisan sastrawan atau pemerhati sastra Jawa yang berkait dengan KSJ, baik berbahasa Jawa maupun Indonesia. Boleh dibilang, sebagian isi blog merupakan e-kliping pemberitaan soal KSJ,'' kata Bonari.

Dia menyatakan berkaca dari penyelenggaraan konferensi, muktamar, atau kongres organisasi lain, orang memerlukan informasi dasar. Biasanya kebutuhan itu bisa dicukupi melalui penerbitan buku panduan atau jurnal. Pada era digital seperti sekarang, kebutuhan mengakses data cepat terakomodasi oleh internet.

''Para penggelut sastra Jawa tak boleh gaptek, tetap harus berkarib dengan perkembangan teknologi. Sebenarnya kami ingin 'memanjakan' masyarakat dan teman-teman wartawan dengan situs lebih representatif. Namun karena anggaran terbatas, blog-lah yang jadi pilihan,'' ujar sastrawan asal Surabaya itu.

Bersahaja
Semalam, ketika diklik dalam beberapa detik tampilan blog itu langsung terlihat. Dari sisi desain web, tampilan ''situs resmi KSJ'' itu amat bersahaja, dengan memanfaatkan template penyedia pelayanan gratis tersebut.

Didominasi warna putih tanpa gambar latar belakang, tanpa ornamen yang menyesakkan mata.

Font yang dipilih menunjukkan karakter tegas dan memiliki tingkat keterbacaan cukup tinggi.
Begitu masuk, pengunjung menghadapi banner ''Kongres Sastra Jawa II''. Di bawah tulisan itu ada aforisma ''Amrih Menang Tanpa Ngasorake'' dari Sosrokartono.

''Jika ingin mengirim tulisan atau gambar, silakan kirim via e-mail sastrajawa@yahoo.com.'' (H9-53)

Suara Merdeka: Rabu, 30 Agustus 2006
http://www.suaramerdeka.com/harian/0608/30/bud04.htm
piye?:

0 urun rembug: