Sunday, 13 January 2008

TKI Hong Kong Dipamerkan

Imam Ghozali – DetikSurabaya

Surabaya - Mungkin kita tak pernah tahu bagaimana kondisi para TKI di Hong Kong. Namun, kini aktivitas sehari-hari para TKI ini dipamerkan.

Tentunya, dipamerkan dalam bentuk pameran foto. Pameran foto ini memotret bagaimana kehidupan para TKI kita sebenarnya yang berada di Hong Kong.

Pameran yang bertajuk "Pameran Foto Para TKI Hong Kong dan TKI Kita" merupakan karya para TKI yang bekerja di Hong Kong. Acara ini digelar di Galeri Surabaya, Kompleks Balai Pemuda.

"Kita ingin memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya. 100 Persen foto-foto yang ditampilkan adalah karya para tenaga kerja sendiri," ujar penggagas sekaligus panitia pameran, Bonari Nabonenar kepada detiksurabaya.com, Kamis (6/9/2007).

Banyak dari foto yang dipamerkan merupakan aktivitas mereka ketika sedang bersantai. Bahkan ada juga foto yang memperlihatkan mereka sedang berlatih pemandu sorak, juga sedang menarikan tarian Ngremo khas Jawa Timur.

Juga terekam dalam foto, kondisi yang membuat miris hati kita. Salah satunya adalah foto tentang tewasnya seorang PRT yang terjun bebas dari gedung yang menjulang tinggi.

Foto-foto yang dipamerkan tersebut, selain dikirim langsung dari Hong Kong, juga merupakan sumbangan dari para TKI yang sudah malang melintang di luar negeri.

Rencananya, pameran serupa akan digelar di beberapa daerah di Jawa Timur seperti Mojokerto, Bojonegoro, Jember, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Kediri dan Banyuwangi. Bahkan juga akan digelar di Wonosobo dan Yogyakarta.

"Kebetulan, Surabaya bukan merupakan kantong para TKI. Sehingga animo masyarakat dalam pameran ini masih belum nampak. Diharapkan media juga membantu dalam publikasinya," ujarnya. (mar/mar)

Kamis, 06/09/2007 16:56 WIB
piye?:

0 urun rembug: