Sunday, 30 December 2007

Buku Luar Biasa


Judul Buku: Anda Luar Biasa!!!
Penulis: Eni Kusuma
Penyunting: Edy Zaqeus
Penerbit: Fivestar Publishing, Tangerang
Cetakan I: April 2007
Tebal: xix + 154 halaman




SETELAH sekian lama mengikuti rekaman pendapat para ahli melalui pemberitaannya di media cetak maupun elektronik ditambah lagi mendiskusikannya dengan teman minum kopi, saya tak juga menemukan jawaban yang pasti, kapan Lumpur Panas Lapindo akan berhenti menyembur. Lhadalah, ternyata jawaban yang sangat memuaskan saya justru berasal dari seorang pekerja rumah tangga (PRT) yang sekian tahun lamanya bekerja di Hong Kong, Eni Kusuma, melalui bukunya Anda Luar Biasa!!! Kata Eni, ’’Sampai kapankah muncratan lumpur panas tersebut akan berakhir? Pastilah kalau keseimbangan atau titik ideal tercapai.’’ (halaman 123).
Itu hanya guyon saya untuk mengawali tulisan ini. Tetapi, memang demikianlah yang ditulis Eni di bawah judul Mestakung (Semesta Mendukung) yang dengan bahasa yang sangat cerdas menguraikan bahwa dalam keadaan krisis seseorang atau apa pun akan mendapat respon berupa dukungan dari semesta untuk menyapai keadaan normal/seimbang. Seperti semangat 26 judul tulisan dalam buku ini, pastilah hal itu dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada pembacanya agar tidak menyerah bulat-bulat terhadap kepahitan, tekanan, penderitaan, maupun hal-hal negatif lain yang menimpa.

Benar-benar luar biasa. Maka, ketika saya dikirimi naskahnya untuk memberikan dukungan (endorsement) saya tulislah, ’’Saya hanya punya dua kata untuk buku ini: LUAR BIASA!!!’’ Itu bukan basa-basi. Maka, jika pada kesempatan ini saya masih tetap saja meneriakkan dua kata itu, bahwa buku ini luar biasa, yakinlah ini bukan karena nama saya dipasang di kaver belakang sebagai salah seorang pemberi dukungan.

Eni, melalui anyaman tuturan yang sangat jernih dan cerdas, dalam rangka memotivasi pembacanya, mengisahkan pula bagaimana ia merangkak dari seorang anak yang terlahir di lingkungan keluarga miskin, dari tangga terbawah (meminjam istilah Eni) yang pernah mendapatkan hukuman di sekolah karena tidak mampu membeli sepatu jenis yang diwajibkan, yang ’terpaksa’ mengurung diri di perpustakaan pada jam istirahat karena malu berkumpul teman, dan memunguti sampah untuk dijual sang ayah sambil mengais bahan-bahan bacaan di TPA yang (mestinya bukan kebetulan) berada di dekat rumahnya itu. Dan kemudian mengikis habis pikiran-pikiran negatifnya, untuk, antara lain, mengubah dirinya dari anak yang gagap menjadi gemar bercerita. Benar-benar luar biasa, dan rasanya tidak berlebihan jika 5 halaman pertama buku ini habis untuk memasang puji-pujian dari para tentor, mentor, dan para sahabat Eni, dari Andrie Wongso, Tung Dasem Waringin, dan lain-lain hingga Zarra Zetira ZR.

Eni dengan begitu cerdasnya menunjukkan jalur-jalur menuju sukses, dari mengenali potensi diri, memilih dan masuk ke dalam komunitas, mendapatkan ’guru’ dan terus berpikir dan melakukan tindakan-tindakan positif. Eni dengan fasih bertutur tentang keutamaan puasa (antara lain dengan mngutip Agus Mustofa) dan dengan fasih pula bicara mengenai aset, aset aktif, aset pasif, serta liabilitas, karena tampaknya ia juga gemar membaca buku-buku Robert T Kyosaki. Selebihnya, dengan ’cantik’-nya Eni mengeksplorasi dirinya sebagai semacam ’’laboratorium penelitian’’ untuk bukunya ini. Jika Anda menggemari sastra, pernahkah Anda mambaca sebuah novel, misalnya, yang selain mengandung cerita juga sekaligus membeber proses kreatif Sang Pengarang? Itulah yang telah dilakukan Eni.

Luar biasa. Seorang PRT menulis buku, 5 tahun lalu mungkin sudah tergolong luar biasa. Tetapi, dalam 2 tahun belakangan ini (2006 – 2007) telah lahir dari rahim para perempuan PRT (Hong Kong) buku Catatan Harian Seorang Pramuwisma (Rini Widyawati, JP-BOOKS Surabaya, 2005), Kumpulan Cerpen Penari Naga Kecil (Tarini Sorrita, JP-BOOKS Surabaya, 2006), Kumpulan Cerpen Majikanku Empu Sendok (Denok Kanthi Rokhmatika, Alfina, Surabaya 2006), Kumpulan Cerpen Hong Kong Namaku Peri Cinta (FLP-Hong Kong , FLP, Jakarta), Kumpulan Cerpen Perempuan Negeri Beton (Wina Karnie, FLP, Jakarta 2006). Ditambah lagi yang akan turun cetak dalam bulan April 2007 ini, 3 buku karya Maria Bo Niok, Novel Ranting Sakura (Pilar Media, Jogjakarta 2007), Kumpulan Puisi Sang Kung Yan (Gama Media, Jogjakarta, 2007), dan Memoar Aku Tidak Malu Jadi TKW (De Lokomotif, Jogjakarta, 2007). Belum lagi kumpulan cerpen dan novel karya Tania Roos dan Tarini Sorrita yang akan diterbitkan dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) di Hong Kong. Cobalah itung dan bandingkan dengan jumlah buku yang dihasilkan oleh sebuah perguruan tinggi papan atas (karya dosen dan mahasiswa) di Indonesia ini dalam kurun yang sama. Jadi, PRT menulis buku, sekarang ini bukan hal yang luar biasa. Yang membuat buku Anda Luar Biasa!!! karya Eni Kusuma benar-benar luar biasa, antara lain karena –seperti ditulis di kaver depan, ’’Buku motivasi pertama yang ditulis oleh seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia di Hong Kong.’’

Bahwa buku Eni ini terbit pada bulan April, disengaja atau tidak, sangatlah bagus momentumnya, karena bulan April memiliki tanggal 21 yang biasa kita peringati sebagai Hari Kartini. Tentu saja bukan hanya Ibu Kartini yang pantas bangga. Bangsa Indonesia layak merasa bangga memiliki seorang rakyat yang memiliki kualitas mental, pikiran, dan tindakan sehebat Eni Kusumawati. Maka, saya sangat setuju dengan lontaran pemberi kata pengantar buku ini, Jennie S. Bev, ’’Karena ini merupakan buku motivasi pertama yang ditulis oleh seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia, maka sejarah baru sedang diukir. Semestinya Menteri Pemberdayaan Perempuan Ibu Meutia Hatta, yang saya kenal sejak kecil, sangat bangga akan prestasi Eni. Bangsa Indonesia apalagi.’’
Sayang sedikit, buku ini tidak dilengkapi indeks dan daftar pustaka. []
piye?:

0 urun rembug: