Thursday 19 August 2010

Indonesia Rindu

kata simbah saya
dijajah belanda lebih bagus keadaannya
ada kereta api hilir-mudik madiun - ponorogo
sekarang malah hilang entah ke mana
kalau kau bicara tentang kerja paksa bertaruh nyawa
apakah sekarang yang begitu sudah tiada?


kata simbah saya
dijajah belanda lebih bagus keadaannya
ijasah sekolah dijamin baik kualitasnya
sebab tidak ada calo dan tengkulaknya

kata simbah saya
dijajah belanda lebih baik keadaannya
jembatan, jalan, bendungan, kualitasnya istimewa
sekarang semua keropos
mental sebagian besar pejabat juga keropos
nyaris tak ada yang bisa dibanggakan
dari kemerdekaan ini

aku cinta Indonesia
walau korupsi merajalela
walau hukum seperti benang basah
walau pejabat yang rajin lebih cepat naik pangkat
daripada pejabat yang malas
walau yang korup lebih dihormati daripada yang lugu

aku cinta Indonesia
walau tak ikut upacara bendera
di hari kemerdekaan ini
aku ingin menangis sejadi-jadinya
atau menyanyikan lagu Indonesia Rindu
: kemanusiaan yang adil dan beradab


17 Agustus 2010

0 urun rembug: