Thursday, 15 October 2009

KBJ 2009 di Bojonegoro

Akan digelar di Wana Wisata Dander, di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. "Kegiatan ini diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk peserta dari luar negeri, Australia," kata Ketua Panitia Penyelenggara Kemah Budaya Jawa, JFX. Hoery, didampingi panitia lainnya, M Chuzaeni, Kamis.

Dia menjelaskan, pelaksanaan KBJ 2009 ini, merupakan langkah yang strategis bagi Indonesia. Alasannya, belakangan ini mencuat berbagai kasus kesenian mulai Reog Ponorogo, Batik dan terakhir Tari Pendet yang diklaim milik Malaysia.

Disamping itu, KBJ sekaligus untuk menyongsong diselenggarakannya kongres bahasa Jawa ke-5 tahun 2.011 di Jawa Timur. "Dengan adanya kemah budaya Jawa ini, menunjukan kepedulian masyarakat Jawa atas kesenian hasil karya nenek moyangnya masih tinggi," katanya menjelaskan.

Dalam KBJ selama tiga hari tersebut, akan diisi dengan berbagai kegiatan mulai sarasehan membedah huruf Jawa dengan narasumber guru besar filsafat Universitas Gajahmada, Prof Damardjati Supadjar dan KRT Sutrimo.

Selain itu, juga digelar sarasehan bahasa Jawa pesisiran, dengan narasumber dosen Unesa Surabaya, Sugeng Adipotoyo dan sastrawan Jawa asal Bojonegoro, Djajus Pete.

Sarasehan lainnya yakni masa depan budaya dan bahasa Jawa, hingga penampilan berbagai kesenian lokal Bojonegoro dan pameran budaya Jawa.

Dengan adanya KBJ ini, mampu menumbuhkan semangat kebersamaan untuk tetap mempertahankan kesatuan dan persatuan dengan keanekaragaman suku yang ada di Indonesia, katanya berharap. []
piye?:

1 urun rembug:

Nderek urun rembuk kang
ngaturaken agung e panuwun kang tanpo upami awit kang bonari sampun kerso lenong lenong lan kepanggian kalian kawulo
salajengipun kulo tansah nyuwun pambiantu lan piwucal panjenengan kang

thole Tony